Living in The Moment, Preparing for The Future..

Jumat, 10 Juni 2011

12.59 Posted by Arie No comments Posted in ,
Posted by Arie on 12.59 with No comments | Categories: ,


A. Deskripsi

Masjid Dian Al-Mahri atau lebih dikenal dengan Mesjid Kubah Emas Depok. Lokasinya di Jln. Meruyung-Cinere, Kel. Meruyung, Kec. Limo, Depok, Jawa Barat. Masjid ini diresmikan pada tanggal 31 Desember 2006 dan disebut-sebut sebagai masjid termegah di kawasan Asia Tenggara dengan luas mencapai 8.000 m2 dan berdiri di atas lahan seluas 70 ha. Masjid ini menggunakan material emas pada beberapa bagian bangunan, emas yang paling dominan terlihat pada lima kubah dan puncak enam menaranya. Enam menara berbentuk segi enam, menjulang setinggi 40 meter yang dibalut batu granit abu-abu yang diimpor dari Italia dengan ornamen melingkar. Pada puncaknya terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat yang mengacu pada bentuk kubah yang banyak digunakan masjid-masjid di Persia dan India.

B. Analisis

1. Analisis Kajian Aspek Religi
Mesjid pada dasarnya dibangun untuk kepentingan beribadah kepada Allah SWT. Namun, karena kemegahan dan keindahannya, tentu akan sedikit membantu dalam pengkhusyuan dan menciptakan suasana nyaman dan menandakan keagungan Allah SWT ketika sedang berada di dalamnya, jadi hal ini akan membantu dalam meningkatkan rasa Mahabbah ‘Alallaah.

2. Analisis Kajian Aspek Teknologi
Teknologi yang ada di Masjid Dian Al-Mahri ini sudah terbilang sangat maju. Contohnya, di Mesjid ini tepatnya di Kubah bagian dalam Mesjid, terdapat gambar atau visualisasi yang dapat berubah setiap waktu shalat tiba, jadi di dalam kubah tersebut akan berubah warnanya sebanyak lima kali dalam sehari.

3. Analisis Kajian Aspek Arsitektur
Arsitektur bangunannya begitu megah dengan mengikuti tipologi arsitektur Mesjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, menara, halaman dalam, dan penggunaan hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya. Ciri lainnya: gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen. Ruang masjid didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem. Materialnya terbuat dari bahan marmer yang diimpor dari Turki dan Italia. Di tengah ruang, tergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton.

C. Evaluasi

Sebagai muslim, kita harus bangga dengan adanya Mesjid Kubah Emas Depok ini, karena ini menandakan adanya sebuah pembaruan dalam Budaya Islam yang menuju ke kemajuan dan modernisasi Islam. Namun, Mesjid merupakan tempat ibadah yang harus kita jaga dan kita ramaikan tiap hari, jangan sampai hanya untuk dijadikan sebagai bahan kunjungan saja oleh para pengunjung dari luar daerah Depok, seperti apa yang terdapat di dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat ke 19.

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search