Living in The Moment, Preparing for The Future..

Jumat, 10 Juni 2011

12.40 Posted by Arie No comments Posted in
Posted by Arie on 12.40 with No comments | Categories:


A. Deskripsi

Museum Seni Rupa dan Keramik berlokasi di Jalan Pos Kota No. 2, Jakarta Barat. Gedung yang dibangun pada 12 Januari 1870 ini awalnya digunakan oleh Pemerintah Hindia-Belanda untuk Kantor Dewan Kehakiman pada Benteng Batavia (Ordinaris Raad van Justitie Binnen Het Kasteel Batavia). Saat pendudukan Jepang dan perjuangan kemerdekaan sekitar tahun 1944, tempat itu dimanfaatkan oleh tentara KNIL dan selanjutnya untuk asrama militer TNI.Di museum ini ada sekitar 500 karya seni rupa, seperti keramik, lukisan karya pelukis termahsyur (termasuk Raden Saleh dan pelukis ternama lainnya), tidak ketinggalan koleksi ukuran kayu dari berbagai daerah di Indonesia. Bangunan bertingkat dua ini memiliki empat ruang utama.

B. Analisis

1. Analisis Kajian Aspek Ilmu Pengetahuan
Museum Seni Rupa dan Keramik ini memiliki berbagai koleksi karya terbaik dari anak bangsa ini. Disana kita bisa belajar betapa indahnya karya-karya tersebut dan dapat menjadikannya sebagai salah satu referensi dan sumber dalam Kegiatan Belajar Mengajar.

2. Analisis Kajian Aspek Teknologi
Tentunya teknologi yang digunakan di museum tersebut sangat maju dan cukup canggih, diantaranya tata letak/tata ruang, tata lampu dan juga proses pembuatan dan pengumpulan karya keramik dan seni rupa yang membutuhkan keahlian dan bakat tertentu.

3. Analisis Kajian Aspek Budaya
Diantara 500 karya, di sana juga terdapat koleksi unggulan dan amat penting bagi sejarah seni rupa Indonesia antara lain lukisan yang berjudul "Pengantin Revolusi" karya Hendra Gunawan, "Bupati Cianjur" Karya Raden Saleh, "Potret Diri" karya Affandi, totem kayu yang magic dan simbolis karya I Wayan Tjokot dan keluarga besarnya Hal ini merupakan tempat, aset dan simbol bahwa kita mempunyai identitas dalam hal budaya khususnya dalam bidang Seni Rupa dan Keramik.

C. Evaluasi

Dengan berkunjung ke Museum ini, kita dapat melihat berbagai karya terbaik anak bangsa. Mata kita dapat dimanjakan dengan melihat berbagai lukisan dan keramik yang indah dan mewah. Kita juga dapat menjadikan hal ini sebagai motivasi tersendiri dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan referensi untuk Kegiatan Belajar Mengajar khususnya bagi para pelajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search